Sabtu, 23 Juni 2018

Ghanci


Dewasa ini, minimnya lapangan pekerjaan mengakibatkan banyak pengangguran. Pengangguran tak mengenal ijazah. Tak hanya orang-orang yang tidak sekolah tetapi juga orang-orang yang sudah menamatkan sekolahnya, bahkan bergelar master juga tak luput dari gelar ‘pengangguran’. Fenomena tersebut akhirnya mendorong beberapa orang untuk berwirausaha.
Pengembangan  usaha merupakan bagian kekuatan pendorong pembangunan ekonomi. Selain  berperan untuk mempercepat pemerataan  pertumbuhan  ekonomi dalam  peningkatan  pendapatan masyarakat, kegiatan usaha juga mampu menyediakan lapangan kerja dan lapangan usaha. Di kota-kota besar seperti Medan, Jakarta, dan lain sebagainya sudah banyak usaha-usaha menengah yang dilakukan contohnya usaha pembuatan tempe, donat, sarung tangan dan masih banyak lagi. Melihat majunya perkotaan, wilayah pedesaan juga memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan usaha-usaha menengah dan kecil. Selain mengurangi pengangguran, desa juga dapat membangkitkan kreativitas orang-orang yang ada di desa tersebut.
Melihat betapa  penting kewirausahaan dan peranannya dalam perekonomian masyarakat, potensi wirausaha Indonesia sangat besar terutama jika melihat data jumlah  usaha kecil dan menengah yang ada. Sampai dengan tahun 2006, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), di Indonesia terdapat 48,9 juta usaha kecil dan menengah (UKM), menyerap sekitar 80 persen tenaga kerja, serta menyumbang 62 persen dari PDB (di luar migas). Data tersebut sekilas memberikan gambaran betapa besarnya aktivitas kewirausahaan di Indonesia dan dampaknya bagi kemajuan ekonomi bangsa. Oleh sebab itu, usaha kecil dalam kehidupan masyarakat khususnya pedesaan, tidak dapat dipandang sebelah mata.
Menilik analisa di atas, saya mencoba mengawali satu bisnis yang bermanfaat dan cocok dilakukan dalam lingkungan pedesaan. Bisnis ini berupa bisnis gantungan  kunci. Sebuah peluang usaha dan bisnis rumahan modal kecil hanya berkisar mulai dari 45 ribu hingga200 ribu, dengan potensi keuntungan hingga 35%-60%. Sangat mudah dijalankan khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga di desa yang berada di rumah sambil mengurus anak-anak, sehingga jumlah pengangguran dan tingkat kemiskinan berkurang. Teknik pemasarannya juga cukup mudah. Di samping dijual di berbagai sekolah  tingkat SD sampai SMA, gantungan kunci  juga dapat menjadi usaha pesanan ucapan terima kasih dalam sebuah acara pernikahan dan khitanan.

GANTUNGAN KUNCI
Program Kreativitas Mahasiswa dalam kelas kewirausahaan ini, saya menjalankan program bisnis Gantungan Kunci. Usaha ini, saya rasakan mudah dalam proses pembuatannya dan tidak terlalu mahal pula modal yang diperlukan untuk membuat gantungan kunci tersebut.
Saya menamakan Usaha Gantungan Kunci ini dengan nama GHANCI, tersebut karena hasil dari desain gantungan kunci termasuk dalam kategori indah dan rapi.Selain itu juga nama GHANCI tersebut sangat mudah diucapkan sehingga, pengharapan sayaadalah dapat gampang diingat oleh banyak orang.
Bentuk perusahaan dari usaha saya ini  adalah  masih dalam  tahap perusahaan perseorangan saja. Saya belum memiliki ijin resmi dari pemerintah  karena memang perusahaan ini masih baru mulai berjalan dan masih mencoba untuk masuk dalam dunia bisnis.
Kedepannya, apabila perusahaan ini dapat memperoleh keuntungan yang luar biasa dan memiliki pelanggan yang cukup banyak, maka saya pun  ingin meningkatkan  perusahaan ini menjadi lebih bergengsi. Ditingkatkan kredibilitas perusahaan menjadi lebih diakui oleh Pemerintah, Supplier dan Konsumen.

VISI DAN MISI
Visi    :
Menghasilkan  produk yang berkualitas, ramah lingkungan dan disenangi masyarakat serta mampu memberikan pelayanan prima bagi konsumen.
Misi   :
1.      Menggunakan bahan baku yang baik dan bermutu tinggi
2.      Menggunakan tenaga kerja yang handal
3.      Menggunakan peralatan yang aman
4.      Menghasilkan produk dengan bahan baku yang mudah
5.      Menarik konsumen dengan produk-produk yang unik dengan harga yang terjangkau
6.      Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan / konsumen
7.      Memuaskan konsumen dengan menciptakan produk-produk yang baru di kalangan masyarakat

Ghanci Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SEBLAKHOTJELETOT